Harga Lantai Kayu berbagai ukuran dan Jenis Lantai Kayu

Bila Anda ingin mendesain rumah dengan corak yang menarik, cobalah terapkan kayu sebagai bahan lantai rumah Anda. Yah, lantai kayu bisa memberi kesan memikat bagi rumah karena terlihat lebih alami daripada penggunaan marmer ataupun keramik. Dan kali ini rumahboss.com akan mengulas harga lantai kayu

Negara-negara lain misalnya di Eropa dan Asia, sudah banyak menerapkan lantai kayu ini untuk memperindah tampilan rumah mereka karena memiliki kesan eksotis. Biasanya, warna kayu akan menyesuaikan dengan warna cat rumah. 

Ada banyak jenis lantai kayu yang bisa Anda pilih dengan berbagai ukuran, yang biasanya dihitung per meter persegi. Semakin baik kualitas dari jenis kayu tsb maka harga juga akan semakin mahal. Selain kualitas kayu, ukuran kayu tsb juga akan berpengaruh terhadap harga jualnya.
baca juga : daftar harga spring bed American  

Harga Lantai Kayu 

gambar harga lantai kayu

Secara umum, harga lantai kayu berkisar antara 150 – 500 ribu rupiah per m2. Jati menjadi salah satu primadona kayu yang banyak diolah menjadi lantai tsb. Untuk lantai berbahan dasar jati ini, ukuran 1.2cm (tebal) x 5 cm (lebar) x 17cm (panjang), harganya berkisar Rp. 165.000 per m2. Sedangkan ukuran 1.5cm x 12cm x 30-100cm dihargai Rp. 480.000. Harga tersebut berlaku untuk kayu jati kualitas grade A.

Selain jati, kayu merbau juga banyak digemari dan disulap menjadi lantai kayu. Kayu merbau ukuran 1cm x 5cm x 20-30 cm diberikan harga Rp. 150.000 per m2. Untuk ukuran 1.5cm x 9cm x 30-100cm, kayu merbau dijual dengan harga Rp. 340.000 per m2. Harga ini juga kualitas grade A. Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapat bahan untuk lantai kayu kualitas super.

Harga yang kami utarakan diatas merupakan harga material kayu nya saja, jadi belum termasuk biaya pemasangan. Biaya pemasangan akan berbeda antara kayu yang belum di lakukan proses coating dan yang sudah. Adapun biaya pemasangan tsb untuk kayu yang belum di coating (lantai kayu unfinished) biasanya berkisar antara 120 – 140 ribu rupiah per meter persegi, sedangkan biaya pasang untuk kayu finished berkisar antara 20 – 40 ribu per m2.

Jenis Lantai Kayu

Jenis lantai kayu dapat dibedakan berdasarkan ukuran, tipe finishing, dan bahan.

Ada tiga macam jenis lantai kayu finished, yaitu Solid wood floring, engineering, dan Laminated. Solid Wood flooring biasanya disebut banyak orang sebagai lantai kayu dengan tampilan paling bagus. Tapi, untuk masalah harga memang terbilang lumayan mahal. Adapun untuk jenis Engineered wood flooring adalah lantai kayu yang dipasang dengan cara menyatukan tiga sampai lima lapis kayu. Biasanya menggunakan veneer dan plastik sebagai perekat antar lapisan kayu. Selain itu, lapisan tiap kayu juga akan diubah, dimana tujuannya adalah untuk memunculkan serat-serat yang mana bisa merekatkan tiap lapisan kayu. Dengan engineered wood flooring, lantai kayu rumah Anda bisa semakin kokoh dan tahan lama.

Sementara jenis Laminate flooring terbuat dari serbuk kayu dan dipadatkan kemudian diberi lapisan decorative paper kemudian di press. Laminate flooring bisa dipasang dengan cepat, tidak berdebu, dan untuk urusan warna juga beragam.

Adapun untuk bahan, beberapa jenis bahan kayu yang biasa dipakai yaitu kayu jati, merbau, bengkirai, ulin, dan kayu kruing.

Pembaca sekalian, mungkin hanya disini saja yang dapat saya sampaikan tentang harga lantai kayu dan jenis lantai kayu. Mohon maaf jika terdapat kekurangan pada tulisan ini. 
Salam,