Pondasi Cakar Ayam Untuk Rumah 2 lantai atau Lebih

Pondasi cakar ayam untuk rumah 2 lantai atau lebih – setelah sebelumnya rumahboss.com lebih banyak memberi informasi tentang interior rumah, kali ini akan beralih ke bagian konstruksi yaitu tentang pondasi cakar ayam yang merupakan salah satu jenis pondasi ampuh yang sering diterapkan pada bangunan-bangunan di Indonesia.

Membangun rumah impian bisa menjadi hal terindah dalam hidup sebuah keluarga. Karena itu, seluruh aspek dalam pembangunan rumah perlu diperhitungkan dengan matang, termasuk juga pondasi rumah. Pondasi yang berada di dasar bangunan memiliki fungsi diantaranya untuk menguatkan serta mempertahankan bangunan. Selain itu, pondasi yang merupakan komponen utama dari sebuah bangunan juga dapat mencegah terjadinya pergeseran dari bangunan tersebut. 

Jika kondisi tanah berubah, maka pondasi dapat menjadi pelindung dari pengaruh buruk pergeseran tanah. Yang terakhir, pondasi rumah berfungsi sebagai penahan dari pergerakan air. Rumah berlantai dua atau lebih membutuhkan pondasi yang jauh lebih kokoh dari rumah berlantai satu. Keamanan dan keselamatan penghuni rumah akan menjadi taruhan jika struktur pondasi ini tidak cukup kuat menahan beban berat dari rumah dan isinya. 

Pondasi rumah berlantai 2 atau lebih berbeda dengan pondasi rumah berlantai satu, karena memiliki beban yang lebih besar terhadap tanah. Pondasi untuk rumah berlantai dua atau lebih ada beberapa macam, diantaranya pondasi batu kali, pondasi foot plat, gabungan antara pondasi foot plat dan pondasi batu kali, pondasi plat menerus dan pondasi cakar ayam. 

gambar pondasi cakar ayam

Tingkat kekerasan tanah yang akan menjadi tempat pendirian rumah adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih pondasi. Jika tanah tersebut keras, pondasi berukuran kecil dapat digunakan. Tetapi jika tanahnya lunak, pondasi cakar ayam dirasa menjadi pilihan tepat. Biaya yang diperlukan untuk membuat pondasi cakar ayam ini pun relatif murah. 

Mengenal pondasi cakar ayam

Pondasi cakar ayam tidak hanya bisa dterapkan pada rumah tapi juga pada bangunan lainnya seperti ruko, kantor, gudang, atau bangunan bertingkat lainnya. Dinamakan pondasi cakar ayam karena memang sekilas bentuknya menyerupai cakar ayam. Pondasi yang menyerupai cakar ayam atau tapak kaki ayam ini ditemukan oleh arsitektur asal Indonesia yaitu Prof. Dr. Ir. Sedijatmo di tahun 1961, dan telah mendapat pengakuan banyak negara.

Pondasi cakar ayam sebenarnya merupakan pondasi yang terbentuk oleh plat beton yang bertulang dengan ukuran tipis dan didukung pipa-pipa dari beton bertulang dengan pemasangan secara vertikal serta dijadikan satu dengan cara monolit terhadap plat beton. Pondasi jenis ini sangat tepat digunakan pada daerah rawa-rawa supaya seimbang antara beban bangunan dan kondisi tanah rawa yang lembek. 

Adapun kelebihan dari pondasi tersebut adalah mampu menyalurkan berat beban yang cukup besar ke dalam tanah. Secara teknis, pondasi cakar ayam terdiri dari semen Portland, batu split, pasir serta besi tulangan. Proses pekerjaan yang diperlukan adalah papan bekisting, galian tanah, serta campuran air yang digunakan dalam pengecoran beton. Untuk rumah tinggal, pondasi ini menjadi satu dengan pondasi penerus. Pondasi cakar ayam memiliki kedalaman galian 1,5 hingga 2 meter. Sedangkan lebar platnya adalah 100 cm x 80 cm, 80 cm x 80 cm serta 80 cm x 60 cm. Jadi, Anda harus menyediakan tanah dengan lebar 60 cm sampai 100 cm untuk dapat membuat pondasi cakar ayam ini. Tapak pondasi dengan ukuran 100x80 cm dapat menghabiskan lebih kurang 1 sak semen. Adapun untuk pelat beton bertulang yang dipakai adalah yang memiliki ketebalan 10 sampai 12 cm.

Jenis besi yang biasa digunakan pada pondasi cakar ayam ada 2 jenis yaitu besi biasa (besi yang mulus) dan besi ulir. Anda bisa memilih apakah Anda atau tukang akan merakit sendiri tapak dan pondasi cakar ayam tsb ataukah membeli yang sudah dalam bentuk jadi. Sebagai bayangan, pondasi cakar ayam yang sudah jadi dengan ukuran 80x80 cm dan menggunakan besi ulir, dijual dengan harga sekitar 400 ribu rupiah. Adapun upah tukang yang diperlukan untuk membuat 1 buah rangkaian tulang besi pondasi cakar ayam sekitar Rp. 80.000.
baca juga : daftar harga karpet bulu

Kelebihan lain dari pondasi cakar ayam adalah biaya pembuatannya yang tidak semahal pondasi lain. Selain itu, waktu pengerjaannya juga tidak terlalu lama. Alat-alat khusus dan mahal tidak diperlukan untuk membuat pondasi ini. Akhirnya, biaya pembuatan rumah secara keseluruhan dapat dihemat. Karena itu, jika Anda akan mendirikan rumah berlantai dua atau lebih, dengan kondisi tanah yang keras ataupun lunak, pondasi cakar ayam memang layak untuk dipertimbangkan.

Demikianlah informasi pondasi cakar ayam untuk rumah 2 lantai atau lebih. Semoga dapat membantu Anda terutama bagi yang tengah merencanakan rumah idaman.