6 Daftar harga bahan bangunan Utama yang wajib Anda ketahui sebelum membangun rumah

Membangun sebuah bangunan yang kokoh tentunya tidak terlepas dari pemilihan bahan bangunan yang berkualitas. Dalam membangun sebuah bangunan, baik berupa rumah, gedung, ruko, ataupun masjid, tentunya Anda sangat membutuhkan informasi mengenai daftar harga bahan bangunan terbaru yang ada saat ini. Dengan mengetahui harga bahan bangunan terbaru, Anda bisa memperkirakan jumlah biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah bangunan yang kokoh. 

Bahan bangunan yang diperlukan mungkin ada banyak macamnya. Namun beberapa yang utama misalnya pasir, besi, kayu, triplek, bata, dan semen. Nah, berikut ini 6 daftar harga bahan bangunan paling utama yang akan berguna untuk Anda ketahui :

6 Daftar Harga Bahan Bangunan Utama


1. Pasir
Pasir merupakan bahan bangunan wajib untuk membangun sebuah bangunan atau rumah. Harga pasir sendiri dipatok berdasarkan ukuran volumenya. Setiap jenis pasir dihargai dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan kualitasnya. Pasir yang paling bagus yaitu pasir mundu yang dihargai sekitar 3 juta rupiah setiap truknya. Sedangkan pasir dengan kualitas biasa hanya dihargai sekitar 100 sampai 300 ribu rupiah setiap meter kubik.

2. Batu
Bahan bangunan yang sangat penting lainnya yaitu batu. Ada banyak jenis batu yang bisa digunakan untuk membangun sebuah bangunan. Harga dari batu ini beragam, ada yang dijual per buah, per kubik, dan ada pula per truk. Batu untuk fondasi rumah yang dijual per truk, umumnya dijual dengan harga sekitar 3 juta rupiah.

gambar daftar bahan bangunan

baca : harga bak mandi fiber

3. Kayu
Kayu merupakan bahan utama untuk membuat sebuah rumah. Harga kayu sangat beragam berdasarkan jenisnya. Kayu yang paling kuat untuk dijadikan tiang rumah adalah kayu jati, namun kayu ini harganya bisa jutaan rupiah setiap batangnya. Biasanya untuk rumah kebanyakan menggunakan kayu meranti yang harganya ratusan ribu rupiah setiap batangnya.

4. Batako atau batu merah
Dalam pembuatan rumah tentu saja diperlukan batu merah atau batako. Untuk harga dari batu merah sendiri tergolong cukup terjangkau, yaitu sekitar 500 sampai 1000 rupiah setiap buahnya. Biasanya setiap bangunan rumah minimalis membutuhkan sekitar 2000 sampai 300 bata merah. Dalam membeli batu bata ini, pertimbangkan juga biaya transport atau pengirimannya.
baca juga : cara membersihkan kamar mandi

5. Rangka besi
Untuk memperkokoh bangunan rumah, Anda diperlukan penggunaan rangka besi sebagai kerangkanya. Penggunaan rangka besi ini sangat penting agar rumah tahan terhadap segala macam guncangan. Apalagi beberapa daerah di Indonesia terletak di daerah rawan gempa sehingga sangat disarankan untuk menggunakan rangka besi dalam pembuatan rumah. Harga rangka besi ini tergantung ukurannya, dan untuk harga paling murah yaitu sekitar 100 ribu rupiah.

6. Semen
Bahan bangunan yang sangat penting terakhir adalah semen. Semen ini merupakan bahan utama yang harus ada dalam setiap pembuatan bangunan. Tanpa semen bangunan tidak akan bisa didirikan dengan kokoh. Semen akan dicampurkan dengan pasir dan air sehingga berbentuk adonan. Ada banyak merek semen yang bisa Anda gunakan untuk membangun rumah. Harga dari semen ini mulai dari 50 sampai dengan 100 ribu rupiah per sak. Namun di masing-masing daerah mungkin akan berbeda harganya, apalagi bagi daerah yang jauh dari pabrik semen, biasanya harga jadi lebih mahal karena mahalnya biaya angkut. Untuk harga semen cap tiga roda di daerah jawa dan sumatera, biasanya berkisar Rp. 70.000 per sak.

Pembaca sekalian, cukup disini informasi dari kami mengenai 6 daftar harga bangunan yang pokok. Dengan mengetahui harga dari bahan bangunan ini, diharapkan Anda bisa memperkirakan biaya pembangunan rumah yang harus Anda keluarkan. Perkiraan yang tepat akan membuat keuangan Anda tertata dengan rapi dan hemat. Semoga tulisan kami bermanfaat dan terimakasih.